Bunga Rosela Untuk Mengobati Penyakit Gusi & Mencegah Kanker | Ads Surf Bunga Rosela Untuk Mengobati Penyakit Gusi & Mencegah Kanker - Ads Surf

Bunga Rosela Untuk Mengobati Penyakit Gusi & Mencegah Kanker



Manfaat bunga rosela antara lain berkhasiat untuk mengobati penyakit gusi. Penelitian terhadap bunga rosela membuktikan bahwa ekstrak kelopak bunga rosela atau juga disebut Hibiscus sabdariffa L mampu menghambat perkembangan bakteri Streptococcus sanguinis pada gigi kita. Bakteri Streptococcus sanguinis, menjadi pemicu terbentuknya plak gigi dan penyebab gingivitis atau radang gusi. Khasiat rosela dipercaya sebanding dengan klorheksidin.


Trijani Suwandi adalah seorang dokter gigi spesialis periodonti yang melakukan penelitian terhadap rosela. Beliau melalui disertasinya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia menyampaikan hasil  tentang manfaat bunga rosela. Trijani menjelaskan, bunga rosela bisa menjadi pengganti klorheksidin sebagai obat tradisional yang aman dan tidak mengakibatkan efek samping. Jika dibandingkan dengan klorheksidin, bunga rosela lebih baik. Efek samping klorheksidin bisa menyebabkan warna hitam pada gigi dan lidah serta menimbulkan iritasi karena mengandung cukup banyak alkohol.

Dengan berkurangnya bakteri sanguinis, plak dalam rongga mulut juga akan berkurang dan jumlah bakteri patogen bisa di minimalisir, bahkan mungkin tidak ada pelekatan plak sama sekali. Ekstrak kelopak bunga rosela memiliki kadar hambat minimal dan kadar bunuh minimal pada konsentrasi 0,78 persen mampu menghambat munculnya bakteri Streptococcus sanguinis, perusak kesehatan gigi.

Menjaga kebersihan rongga mulut secara intensif dapat menghindarkan kita dari penyakit sistemik, seperti stroke, diabetes, dan jantung. Kesehatan mulut akan berdampak pada kesehatan tubuh yang lain. paling banyak masuk lewat mulut. Dan ternyata, dari hasil penelitian juga membuktikan hubungan antara penyakit gusi pada ibu hamil dan kelahiran bayi prematur, hasilnya 90 persen kasus kelahiran bayi prematur terjadi dengan ibu yang menderita penyakit gusi.

Disarankan bagi yang memiliki masalah dengan gangguan gusi, dapat memanfaatkan kelopak bunga rosela yakni menggunakan rebusan kelopak bunga rosela menjadi obat kumur, yang bukti ilmiah sudah ada meskipun saat ini belum ada pengembangan lebih lanjut dengan memproduksi sebagai obat yang dijual dipasaran. Demikian manfaat, khasiat bunga rosela sebagai obat mengatasi penyakit gusi yang aman dan ampuh. 


Ada 10 Khasiat Lain Bunga Rosela :


1. Untuk Kecantikan


Bunga rosella ini ternyata juga dapat digunakan untuk kecantikan. Bunga rosella dapat membantu menyehatkan kulit. Jika usia Anda tidak lagi muda, pasti Anda akan berusaha dengan berbagai macam cara untuk dapat merawat dan meremajakan kulit.
Anda dapat menjadikan bunga rosella ini untuk proses peremajaan kulit. Jika Anda rutin melakukannya, kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan kencang. Hal ini disebabkan bunga rosella memiliki kandungan protein esensial, asam amino, serta vitamin C yang akan membuat kulit Anda menjadi lebih kencang dan sehat.

2. Mencegah Kanker

Bunga rosella memiliki kandungan zat yang dapat menghambat petumbuhan sel-sel kanker berbahaya pada tubuh. Kerusakan DNA pada sel bisa diatasi dengan sejuta manfaat bunga rosella, seperti pencegahan untuk gejala kanker darah (leukimia).

3. Sumber Antioksidan

Pada kelopak bunga rosella terdapat kandungan senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungannya lebih besar empat kali lipat dibanding antioksidan yang terdapat pada daun kumis kucingSenyawa lain pada antioksidannya seperti gossipetin dan antosianin yang dapat memberikan perlindungan akibat penuaan, seperti  gejala penyakit jantung, gejala penyakit diabetes, sampai gejala kanker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Bunga rosella sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebagaimana diketahui, sistem kekebalan tubuh sangatlah penting untuk mencegah penyakit. Dengan mengkonsumsi teh rosella, sistem kekebalan tubuh akan meningkat secara berkala. Lebih baik lagi kalau mengkonsumsi teh rosella secara teratur di pagi hari.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Teh rosella dapat dijadikan pilihan yang sempurna untuk menurunkan tekanan darah. Ini merupakan salah satu manfaat teh rosella yang membantu banyak orang dari masalah kolesterol. Di saat tekanan darah meningkat, metabolisme secara keseluruhan akan bermasalah.
Teh rosella dapat mengontrol tekanan darah sehingga sangat baik untuk menghindari masalah serius bagi kesehatan. Ekstrak kelopak bunga rosella dapat menggantikan pemberian captoprilpada penderita hipertensi. Orang yang mengkonsumsi teh rosella selama 12 hari, mengalami penurunan tekanan darah sistolik mencapai

6. PROGRAM DIET ALAMI

Bagi mereka yang memiliki kelebihan berat badan, teh rosella adalah pilihan yang tepat untuk diet yang sempurna. Manfaat vitamin C dalam teh rosella dapat membantu tubuh kita untuk melepaskan kolesterol dan lemak. Oleh karena itu konsumsilah teh rosella di pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur, agar daya tahan metabolisme meningkat. Karena ketika tubuh memiliki metabolisme yang baik, proses menurunkan berat badan menjadi lebih mudah sehingga program diet alaminya menjadi sempurna.

7. Mencegah Pengeroposan Tulang

Bunga rosella juga memiliki kandungan seperti kalium, kalsium, zat besi dan vitamin D. Kandungan yang sangat berkhasiat ini akan membantu Anda untuk mencegah pengeroposan tulang terutama bagi orang yang telah berusia lanjut.

8. Menormalkan Tekanan Darah

Jika Anda memiliki tekanan darah yang tidak stabil, Anda dapat menormalkannya dengan mengkonsumsi teh bunga rosella. Bunga rosella akan membantu menstabilkan tekanan darah sehingga Anda akan terjauhkan dari penyakit berbahaya seperti jantung.

9. Melancarkan Buang Air

Bunga rosella memiliki kandungan serat yang sangat tinggi juga memiliki khasiat sebagai pelancar buang air besar. Konsumsilah teh bunga rosella secara teratur untuk kelancaran BAB Anda.

10. Melindungi Dari Penyakit Degeneratif

Kandungan senyawa seperti zat fenolik yang bermanfaat sebagai antioksidan dalam bunga rosella memang sangat berkhasiat. Khasiat dari zat ini yaitu tubuh Anda akan lebih terlindungi dari berbagai macam penyakit degeneratif, yang sering sekali muncul di tubuh manusia seperti diabetes hingga kanker.
Semoga Bermanfaat.

Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011-2024. Ads Surf - All Rights Reserved
Template Creating Website Published by Ads Surf
Proudly powered by Blogger